Tags

Apa Sih Mentawai dan Kenapa Banyak Yang tidak Tahu

15/01/2015---Apa Sih Mentawai dan Kenapa Banyak Yang tidak Tahu:
Melihat isi tulisan terakhir di blog itu terjadi satu tahun yang lalu. jadi sudah hampir 1 tahun lamanya meninggalkan blog tercinta ini.

Awal yang baik tahun 2015 BangRonny yang ganteng kembali lagi dengan tulisannya yang wauu hahahahhaha.... Untuk menyambut kembalinya kang mas yang ganteng ini. Saya menyuguhkan topik yang sangat nyentrik di indonesia saat ini. yaitu tentang pulauku yang terlupakan Mentawai Island. 

Mentawai merupakann sebuah pulau kecil yang terletak di di Profinsi Sumatera Barat masuk saudaranya Uda Awak  Pulau kecil ini di bagi menjadi 3 bagian yaitu Pulau Siberut Pulau Sipora dan Pulau Sikakap.

Setiap pulau ini menyimpan keunikannya masing-masing. Kita bahas pulau pertama Siberut: Pulau siberut merupakan pulau dimana orang mentawai pertama hidup. Pulau siberut masih natural. Dengan adanya orang-orang mentawai asli yang masing hidup dengan kesehariannya menggunakan koteka atau bahasa mentawainnya (kabit). dan hidup di alam bebas. Dan yang paling uniknya disekujur tubuh dihiasi dengan Tato atau bahasa mentawainnya (tiktik)
membuat pulau ini menjadi incaran para wisatawan manca negara. Pulau siberut dengan keasriannya membuat pulau ini menjadi primadona bagi pecinta tatto, dan pada wisatawan budaya yang penasaran dengan kehidupan orang siberut ini. Pulau ini memiliki titik ombak yang menjadi primadona bagi peselancar dunia.

Pulau kedua adalah Sipora. Sipora sudah menjadi sebuah kota kabupaten bagi mentawai, kehidupan seperti disiberut sudah tidak ditemukan lagi dipulau ini. para insfestor yang memuliki duit mengejar pulau ini seperti bule mancanegara yang punya uang mendirikan resort, insfestor yang ingin menanam saham banyak disini. Dipulau ini juga banyak titik ombak yang dikejar-kejar oleh peselancar dunia.

Pulau ketiga adalah pulau Sikakap. Pulau ini sama halnya seperti Sipora kehidupan seperti dipulau suberut tidak ditemukan lagi dipulau ini. kehidupan kekota-kotaan kental di pulau ini. BangRonny lahir dipulau ini. Pulau Sikapap menjadi tempat berdagang yang yahut bagi pedagang. Pulau ini tidak terlalu menjadi incaran para wisatawan asing. Pulau ini juga menyimpan titik ombak yang luar biasa bagi para peselancar.

Keunikan luar biasa di mentawai ini adalah memiliki titik ombak yang luar biasa bagi peselancar. menurut republika.co.id mentawai memiliki 72 titik ombak yang sangat bagus untuk bermain selancar. Saya semenjak menetap lagi di pulau sipora memiliki hobbi baru yaitu bermain surfing, snorkling.

Kebanyakan orang indonesia tidak mengenal pulau yang satu ini. Mentawai sangat dikenal oleh orang asing, mentawai menjadi primadona dihati para surfer, dan wisatawan asing dari australia, amerika, inggris, eropa, dan masih banyak lagi.

Satu hal unik yang masih menjadi tandatanya dipulau ini adalah belum ada satupun para budayawan yang menemukan asal suku mentawai. Teori-teori yang tertutur oleh mulut-mulut mereka hanya sekedar teori semata belum dipatenkan. Keunikan Tatto mentawai menjadikanny bahan penelitan bagi para peneliti. Tapi sampai saat ini hal itu belum terjawab.

Inilah pulauku Mentawai.








17 comments:

  1. jadi mentawai ini sebuah pulau ya mas. hehe
    makasih nih infonya & salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas
      kalau ada waktu berkunjung ke mentawai mas nntik saya bawak jalan2

      Delete
  2. asyik deh kayaknya, tapi sayang jauh banget dari tempat saya tinggal

    ReplyDelete
  3. sekian lama kagak nongol, kirain devy sedang mengubah tampilan Template Blognya, ternyata memang ditinggalkan selama ini ke mentawai, hmm..nanti aja deh bang kesananya, devy mau keliling dulu disini, ada perubahan apa diblog sahabat devy yang satu ini, hehe..

    ReplyDelete
  4. Tunggu dua tahun lagi kak, Insya Allah berkunjung kesana :)

    ReplyDelete
  5. mentawai yang saya ingat dari pulau ini adalah keindahan akan ombaknya

    ReplyDelete
  6. Sebelumnya saya juga sempat bingung dengan pengertian ini mas apa itu mentawai dan akhirnya saya tau

    ReplyDelete
  7. Sungguh indah pemandangannya, jadi ingin pesiar kesana. slam kenal y mas.

    ReplyDelete
  8. Jadi semakin tahu nih tentang mentawai. thanks ms sharingnya.

    ReplyDelete
  9. hiyah bener saya ge ngga tau mentawai.

    ReplyDelete
  10. blog yang keren nih

    ReplyDelete
  11. wah keren juga mas, bisa aja saya entar kesana :D

    ReplyDelete
  12. wah saya tau mas, ada teman dari sana, ternyata disana bagus ya lokasi dan budayanya

    ReplyDelete
  13. Saya pengen berdagang kementawai kalau boleh tau dagang apa yg cocok mas..

    ReplyDelete
  14. bagus banget tempatnya.. wah cocok buat liburan ini mh...

    ReplyDelete
  15. ternyata mentawai indah banget ya alamnya ???

    ReplyDelete
  16. Selamat Siang Ukuih Roni, aku tinggal di Padang ingin buka usaha kecil kecilan dimentawai kalau aku buka usaha toko perangkat Listrik apa cocok disini.
    Mohon jawabannya ukuih Roni

    ReplyDelete

Yang Harus Dikomentari
---Dipersilahkan Mengoreksi Tulisan Yang Salah
Ini sebagai pembelajaran buat saya
---Menambahkan Apa Yang Kurang Dalam Pembahasan BangRonny
Ini akan membuat apa yang BangRonny berikan belum sempurna
---Mengakui Kalau BangRonny Ganteng heheheheh
Ini akan membuat BangRonny lebih PeDe.
-----Selebihnya Terserah Anda-------