Membangun Hubungan Yang Sehat

06/01/2014---Membangun Hubungan Yang Sehat: apakah harus terhindar dari yang namanya Seks dan tetek bengek lainya. Kalau menurut pandangan saya, hubungan yang sehat itu adalah, “bagaimana kita memperlakukan pasangan kita layaknya manusia biasa yang memiliki kebebasan”.

Selamat sore teman-teman, seperti janji saya pada artikel sebelumnya tentang Arti Memiliki Cinta bahwa saya akan membagikan 2 artikel tentang cinta hari ini, dan yang kedua adalah bagaiman caranya Membangun Hubungan Yang Sehat ini saya tuliskan sesuai janji saya kepada mas bro Sarofudin. Baiklah kita akan lanjutkan

---Lanjut----
Kenapa penting sekali hubungan yang sehat dalam menjalih hubungan yang serius?
Ceki dot. Ada pepatah sekuat-kuatnya kita mengikat sesuatu pasti akan terlepas juga. Artinya sekuat-kuat anda mengikat pasangan anda pasti suatu ketika dia akan pengen bebas, pengen menjadi dirinya sendiri. Memberlakukan pasangan kita layaknya sebagai manusia yang bebas bukan berarti harus melepaskannya begitu saja, tanpa kontrol kita, itu salah besar. Kita boleh mengontrol tapi sewajarnya.
Kalau selama ini Anda merasa bahwa pasangan Anda over protective, di mana segala gerak-gerik Anda ditentukan olehnya, maka dapat dikatakan bahwa pasangan Anda cenderung belum mampu memberikan kebebasan kepada Anda. Maka tidaklah berlebihan, apabila pasangan Anda seakan-akan menjadi “majikan” atas diri Anda. Baginya, Anda tak lebih dari sebuah benda yang ia miliki.

Pasangan seperti ini biasanya bukan menjadi pendukung, namun malah penghalang bagi kemajuan Anda. Baik itu yang menyangkut kepribadian sampai kehidupan Anda. Bila Anda berkarier, bisa jadi karier Anda tak bisa berkembang. Ide-ide Anda yang mestinya bisa menghasilkan sesuatu yang berguna malah dicegah.

Indikator kalau Anda diberi kebebasan. Anda merasa diperlakukan sebagai pribadi yang dewasa oleh pasangan Anda. Tidak ada pengekangan yang berlebihan. Anda masih mampu melakukan aktivitas-aktivtas pribadi Anda di mana pasangan anda tidak harus melibatkan diri. Anda masih mempunyai kebebasan untuk memutuskan apa yang Anda pandang baik bagi diri Anda.

Biasanya laki-laki yang sering melakukan hal demikian “kalau kamu kemanar-mana harus sama aku yah”, “kalau kamu mau ngapain minta ijin terlebih dahulu sama aku yah”, “tidak boleh jalan sama cowok selain aku”, “tidak boleh smsan sama si ini, si itu”, “kalau kamu ke kampus atau sekolah aku antar, pulang aku jemput”. Dimana letak kebebasan seorang manusia.
Kalau saya pribadi saya memberlakukan pasangan saya demikian, “Disampingku kamu milikku seutuhnya, tapi kalau kamu sudah tidak disampingku kamu milik orang tuamu seutuhnya” nah pertanyaannya bagimana kalau dia selingkuh, karena kontrol kita tidak terlaku ketat. Memang jarang sih seperti itu tapi ada juga, bilang saja sama pasangan anda 
“saya sudah memberikan kepercayaan pada kamu, kamu mau merusaknya itu hak kamu, cinta kamu yang akan mengingatkanmu nanti, kalau yang kamu lakukan saat ini telah merusah cintamu sendiri (Ronny Sababalat)”. 


Memberikan kebebasan pada pasangan ini adalah wujud kita percaya pada pasangan kita.  Memberikan kebebasan pada pasangan kita akan memberikan kenyaman kepada pasangan kita untuk menjadi dirinya sendiri, melakukan segala sesuatu yang membuat dirinya dianggap ada.

Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah ”Kau bebas berbuat semaumu”. Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertangung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan. Jadi jangan melarang pasangan anda buat mencari kebebasan jika anda melarang Kebebasan pada pasangan anda . Maka anda akan mengambil hak orang untuk memiliki atau mengatur kehidupan.

25 comments:

  1. bang roni emang selalu memberi inspirasi..........

    ReplyDelete
  2. Bener banget Bang Ronny, dengan hubungan yang sehat pastinya bisa membuat kita semakin hari makin merasa jauh lebih baik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mas brooo
      karena dengan menjalin hubungan yang sehat
      kita juga membangun kepribadian yang sehat juga

      Delete
  3. setuju mas ronny memang iya kalau terlalu diikat malah tidak bisa bebas dn dia akan cari ruang gerak untuk bebas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbk
      mknya berusahalah lepas dari orang2 yang mengikat
      kita dianggap manusia atau apa?

      Delete
  4. saat sedang pacaran memang gitu mas, apa-apa harus pamit dulu sama pasangan. nggak cewek nggak cowok sama saja. sebenarnya itu justru menjauhkan dari yang namanya hubungan yang sehat diantara keduanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas
      itu bukan malah membuat hubungan yang sehat
      malah akan menjauhan hubungan itu keharmonisan, dan lain2

      Delete
  5. satu perhubungan itu harus ada saling mempercayai antara satu sama lain.. dan juga harus saling lengkap melengkapi..

    ReplyDelete
  6. kepercayaan adalah yang utama dalam menjalin suatu hubungan karena jika tidak saling percaya hubungan itu tidak dapat dipertahankan lagi :)

    ReplyDelete
  7. Disampingku kamu milikku seutuhnya, tapi kalau kamu sudah tidak disampingku kamu milik orang tuamu seutuhnya, wah tak kirain milik orang lain seutuhnya ... wkwkwk

    ReplyDelete
  8. terkadang memberi kebebasan pada pasangan sangat sulit di lakukanmas.. alasannya karena kita terlalu sayang dan malah hal seperti itu yang membuat pasangan jadi nggak betah karena merasa terkekang dan kurang bebas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas
      makanya berikan kepercayaan penuh saja
      masalah dia mau merusak kepercayaan itu bukan salah kita lagi
      kalau dia cinta dia akan menghargai kepercayaan yang kita berikan kok mas

      Delete
  9. kunjungan malam sob, bang rony memang TOP :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas brooo
      silahkan.rumah saya masih terbuka sampai nntik

      Delete
  10. memang kepercayaan itu harus ditanamkan pada diri kita dan pasangan kita,
    jika sudh saling percya tinggal tunggu tanggal maenx (merit)

    ReplyDelete
  11. dengan hubungan yang sehat tentunya akan menghasilkan cinta yang sehat dan kuat .

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalman seorang bapak yang sudah menghasilkn buah cinta nya ini
      keren mang

      Delete
  12. sepertinya semua orang ingin begitu ya mas :D

    ReplyDelete

Yang Harus Dikomentari
---Dipersilahkan Mengoreksi Tulisan Yang Salah
Ini sebagai pembelajaran buat saya
---Menambahkan Apa Yang Kurang Dalam Pembahasan BangRonny
Ini akan membuat apa yang BangRonny berikan belum sempurna
---Mengakui Kalau BangRonny Ganteng heheheheh
Ini akan membuat BangRonny lebih PeDe.
-----Selebihnya Terserah Anda-------