Kejujuran Dalam Sebuah Hubungan

28/01/2014---Kejujuran Dalam Sebuah Hubungan: Kejujuran itu menurut saya adalah, suatu kondisi dimana kita sebagai seorang manusia berani dan dengan sadar mengatakan apa yang menjadi kenyataan atau hal yang sebenar nya. Hal ini sangat lah penting di dalam kehidupan seorang manusia baik laki laki ataupun perempuan.

Situasi  ini sangatlah penting di dalam kehidupan kita baik di dalam dunia pendidikan kita, dunia kerja kita atau dimana pun kita berada. Begitu pula dalam kehidupan percintaan kita.  Apalagi di zaman seperti sekarang ini, seperti yang kita ketahui , banyak sekali pasangan muda yang dalam proses mereka berpacaran sering kali mengeluarkan kata “putus” yang bisa saja di sebabkan oleh hal hal yang sepele, misalnya seperti , salah satu nya cemburu buta tanpa mau mendengarkan alasan dari pacar mereka, ada juga yang putus karena miss comunication dan lain lain nya. Dan akibat dari itu ada yang galau lah, stress lah, mau melakukan ini itu jadi tidak berminat atau dalam bahasa gaul nya unmood or badmood.

Sebenar nya kalau mau kita lihat, perhatikan dan pelajari lebih dalam lagi, sebenarnya semua akibat itu penyebab nya hanya lah satu yaitu,  kurang nya kejujuran diantara pasangan masing masing. Hal ini kerap kali kita temukan di dalam kehidupan kita, atau mungkin saja kita pun mengalami nya.

Kisah Lya dan Daniel
Seperti kisah seorang gadis, ya anggap saja gadis itu bernama Lya dan pasangan nya bernama Daniel. Dari awal nya mereka pacaran sih fine fine  saja atau bisa di bilang flat. Ya hal ini mungkin di karenakan si cowok sibuk dengan tugas tugas nya, ya sebagai seorang mahasiswa, dia juga merupakan anggota fungsionaris dari lembaga kemahasiswaan atau anak BEM, dia juga ikut sebagai anggota choir di gereja ataupun di fakultas nya, dan masih banyak lagi kegiatannya diluar perkuliahan. Sementara si cewek ini (Lya) pun juga sibuk dengan tugas perkuliahan, ya namun tidak sesibuk sang kekasih. Kehidupan percintaan mereka sangat lah flat bahkan bisa di bilang seperti mereka tidak berpacaran. Untuk sms saja susah, hanya beberapa kali saja dalam sehari dan isi sms nya ya standart  sekali, seperti “lagi ngapain?, udh makan belum? , gimana kuliah nya ? ” hanya sebatas itu saja.

Apalagi untuk jalan jalan keluar? Mungkin bisa di hitung dengan sebelah jari saja dan itu hanya di dalam event event besar saja baru mereka bisa bertemu. Kadang kala teman nya Lya  ini selalu saja bertanya “hey, Lya di mana pacar mu? Kalian gak ketemuan? “ dan jawaban yang sering terlontar keluar dari mulut Lya ini  “dia lagi latihan nyanyi,atau dia lagi ikut rapat” dsb.  Si Lya ini hanya bisa menjawab seperti itu karena dia tidak tau apa yang sebenar nya Daniel ini lakukan dan ada di mana, karena setiap kali Lya ini bertanya kepada sang Daniel ini jawaban yang keluar hanya lah “lagi di kampus, lagi latihan nyanyi. Atau lagi di kampus, lagi rapat” jadi dengan jawaban si  Daniel yang seperti, membuat sang cewek hanya bisa bilang “oh, yaudah.. semangat ya latihan nya, atau semangat ya rapat nya, jangan lupa makan”.  Dan kadang kala kalau mereka berdua sama sama sibuk dengan tugas nya masing masing, tidak ada sms atau telepon antara mereka berdua. Dan paling paling sebelum menjelang tidur si Lya sms kepada Daniel, dan isi nya  “ good night, have a nice dreams, GBU “ dan jawaban dari Daniel hanyalah “ thank u, and u too. “ terkadang hanyalah  “ J “  So tidak ada lagi percakapan antara mereka berdua.

Sebenarnya  sudah sejak lama Lya ini sangat lelah dengan sikap pacar nya yang cuek, sibuk, sms saja jarang, apalagi untuk pergi ketemuan. Kadangkala ia merasa sangat jelous  dengan teman teman nya yang bisa berpacaran dengan mudah nya, bisa ketemuan setiap hari, atau komunikasi lancar, padahal pacar dari teman teman  nya si Lya  ini beda fakultas, beda tingkatan, bahkan ada yang beda universitas pula, tetapi bisa komunikasi lancar, bisa ketemuan,bisa jalan bareng.

Tapi  kenapa hanya dia saja yang tidak bisa?? Padahal mereka sama sama dari satu fakultas yang sama hanya beda tingkatan saja. Sang pacar satu tingkat diatas Lya  atau senior nya Lya. Sebenarnya Lya dan Daniel seumuran, namun Daniel masuk sekolah nya lebih cepat dibandingkan dengan Lya.  Dan alhasil Lya terkadang lelah karena harus terus berbohong  kepada teman teman nya ketika di tanya, “dimana pacar mu?, “hubungan kalian baik baik saja kan ?“ dan berakting seolah olah semuanya berjalan dengan lancar, dan selalu saja tersenyum untuk menutupi itu semua, dsb.

Sebenarnya Lya  sangat ingin sekali berbicara kepada pacar nya, kalau dia sudah lelah berpacaran seperti ini, karena ia merasa sama saja seperti tidak berpacaran. Karena  dia tidak mau di anggap egois, tidak mau di anggap manja, dan dia tidak mau kalau sampai pacar nya bosan dengan dia, maka dari itu ia selalu saja mengurungkan niat nya untuk berbicara kepada Daniel pacarnya.

Hal  ini terus saja terjadi  karena Lya sudah terlanjur sayang dengan pacar nya, dan dia tidak mau kalau sampai hal buruk terjadi pada hubungan nya dengan Daniel . Hal ini berlanjut secara terus menerus hingga 3 bulan lama nya mereka berpacaran. Mungkin saja Daniel juga sudah lelah dengan hubungan nya yang terus menerus seperti ini dengan Lya.

Dan pada suatu hari  Daniel mengajak Lya untuk makan malam  berdua di sebuah resto ala Jepang, dengan maksud membicarakan hal yang penting, mengenai hubungan mereka berdua.  dan rupanya feeling Lya ini sangat kuat,  Lya tahu kemungkinan besar apa yang akan di bicarakan oleh  Daniel kepada dirinya. karena beberapa hari sebelum mereka makan malam bersama, sikap Daniel berubah, menjadi sangat romantis dan perhatian, berbeda jauh dengan hari hari kemarin saat mereka pacaran.

Dan selama mereka makan, tingkah laku dari Lya menunjukan kalau dia lagi memikirkan sesuatu, ternyata Daniel terus memperhatikan sikap Lya dan  membaca gerak gerik sang kekasih nya yang gelisah seperti itu, maka  Daniel pun  bertanya kepada Lya “kamu kenapa?  Apa yang kamu pikirkan?” si Lya ini hanya menjawab  “he? Tidak, aku tidak apa-apa.” Lalu tersenyum. Dan kecanggungan diantara mereka pun terjadi selama mereka makan.

Karena Lya tidak tahan dengan rasa canggung serta rasa sakit  yang menjadi beban di dalam hatinya, dia pun buru buru menghabiskan makanan yang ada di hadapan nya. Setelah ia selesai menghabiskan makanan nya, ia  berdoa dalam hati  “Tuhan, biarlah kehendak- Mu saja yang terjadi atas hidupku, ku berserah hanya pada-Mu saja” lalu ia menarik nafas dan sambil tersenyum “apa yang ingin kau katakan pada ku ?” . mendengar ucapan dari sang kekasih, Daniel sangat terkejut, dan dengan muka penuh keheranan ia balik bertanya “ apa maksud mu ?” dan  Lya menjawab “kau mengajak aku kemari dan makan malam bersama, pasti ada sesuatu yang ingin kau bicarakan pada ku bukan? Katakan saja, aku siap mendengarkan nya. “. Lalu  Daniel berkata “kau benar, ada hal yang ingin ku bicarakan padamu, dan ku harap kau akan  mengerti .“ “ of course!  So what do you want to say for me ?” timpal Lya dengan senyuman mengembang di wajah nya.  “ aku ingin minta maaf sebelumnya, ini bukan karena orang lain atau apa, tapi aku ingin kita menjadi teman mulai dari sekarang ini”. lalu jawab Lya ”oke fine” sambil tersenyum lega, kalau ternyata feeling nya benar.

Daniel semakin bingung dan bertanya “kamu tidak apa - apa ? aku tau ini semua salah ku, aku minta maaf ” sambil tertunduk lemas. “Aku sudah tau kalau kau akan bilang seperti ini sejak lama, dan aku tidak kaget lagi, dan kau, kau tak perlu minta maaf.” Daniel hanya bisa tertunduk dan melihat sikap Daniel yang seperti itu, tiba tiba ada suara ”so? We’re friends right?”dan rupanya itu Lya yang bertanya pada Daniel, “yes, we’re friends right now Lya “ sambil menjulurkan tangan nya untuk berjabat tangan. “okay, we’re friends !” sambil berjabat tangan dengan Daniel. 

Dan akhirnya setelah mereka berjabat tangan, mereka pun resmi menjadi sebagai seorang sahabat. Lalu mereka berterus terang tentang semua nya. Daniel mengaku kalau dia bersikap cuek, tidak sms itu karena ia sebenar nya menunggu sms dari Lya duluan, dan dia takut kalau dia sms akan mengganggu Lya, makanya dia bersikap cuek.

Dan ketika Lya mengutarakan bahwa, sejujur nya ketika ia ingin sms Daniel, ada rasa takut kalau dia sms hanya akan mengganggu Daniel yang sibuk dengan kegiatan nya, dia tidak mau  Daniel berpikir dia adalah cewek yang manja, egois yang selalu ingin di perhatikan.  Dan  dia juga tidak mau kalau  Daniel sampai bosan dengan diri nya, maka dia selalu urungkan niat nya, walau sebenarnya Lya sangat ingin di manja, di perhatikan dsb. Finally , setelah mereka berdua mengeluarkan beban yang ada di hati mereka masing masing, akhir nya mereka sadar, kalau mereka berdua sama sama takut  mengganggu kesibukan pasangan nya masing masing, dan mereka tidak berani mengutarakan nya.

Kalau saja mereka saling jujur satu sama yang lain, saling terbuka dengan apa yang mereka rasakan saat itu, baik senang ataupun mungkin sedikit mengecewakan pasangan nya. Kata  putus tidak akan terjadi, dan tidak ada lagi kata “galau”. Dan kehidupan berpacaran mereka mungkin akan lebih baik daripada sebelumnya. Namun semua itu sudah terlambat, karena ketika mereka menyadari itu semua, mereka  sudah menjadi seorang teman bukan menjadi sebagai sepasang kekasih.

In facts  guys, kejujuran itu basic dari segala basic  dalam masalah percintaan. why i said like that ? and what is my reason ? so lets thinking about these guys... kalau kita saling jujur satu sama lain, kita bisa saling mengerti satu sama lain, kita bisa tahu apa yang dia rasakan saat ini, apakah dia sedang dalam good mood, unmood or badmood etc,  so we know how to do and minimize a risk from miss comunication each other like break up etc.  Guys,  sebenarnya tidak hanya itu saja, yang menjadi the main things dalam percintaan kita, namun  dengan kita jujur kepada pasangan kita, dengan apapun kondisi yang sedang terjadi pada diri kita, baik itu senang, sedih ataupun mungkin kita kecewa dengan sikap pasangan kita, kita harus berkata jujur mengatakan bahwa kita kecewa dengan sikap nya yang begini begitu, mungkin itu terdengar tidak enak pada pasangan kita.

Tapi  Kalau  kita memang menyanyangi pasangan kita dan tidak ingin berakhir, sudah seharus nya kita mengatakan yang sebenarnya. Dan kalau pasangan kita pun menyanyangi kita, dia akan mengerti dan kemungkinan besar akan menceritakan apa yang sebenar nya membuat dia menjadi seperti ini. Tentu nya hal ini akan berjalan dengan baik apabila kita bicarakan secara baik baik pula. Maka dengan sendiri nya hal itu meminimaliskan atau mengurangi yang nama nya miss comunication,  or jelous without reason enough etc and as a result is break up. Dan jikalau itu tidak berhasil pada kita, percaya semuanya sudah ada yang mengatur dan kita bisa mendapatkan yang terbaik bagi kita.

Kesimpulan
Dan sekarang mari kita coba bercermin dari kejadian Lya dan Daniel, mereka berdua sebenarnya saling menyanyangi satu sama lain, karena mereka takut menganggu satu sama lain maka mereka bersikap cuek dan, akhirnya hubungan mereka putus di tengah jalan, itulah  akibat dari mereka yang tidak mau jujur terhadap pasangan nya masing masing. Jadi dengan kita berlatih berkata jujur dari hal yang paling kecil sekalipun terhadap pasangan kita yang sekarang ini, maka otomatis  kepercayaan  akan tumbuh dengan sendiri nya secara baik.


Dan bagi kita yang saat ini sudah memiliki pasangan, baik yang baru memulai, sudah cukup lama berjalan, ataupun bagi yang sudah sangat serius terhadap pasangan nya dan ingin menuju pada jenjang yang lebih jauh, kunci untuk memiliki hubungan baik, adalah “to be honest with your partener. ”

58 comments:

  1. memang bang ronny ni ciamik kalau mencari tema.. kejujuran memang landasan hubungan yang harmonis

    ngemeng ngemeng, visualnya keren banget nilihnya,,

    ReplyDelete
  2. Saya juga selalu memilih pasangan yang jujur kepada saya, dan saya pun akan jujur kepadanya, tanpa rasa jujur, mustahil suatu hubungan bisa awet, kecuali salah satu korban ketidakjujuran TERPAKSA menerima ketidakjujuran itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Imam, Faktor kejujuran memang sangat penting sekali, Klo pasangan udah g jujur pasti g bakalan lama deh mas.

      Delete
  3. Kejujuran memang sangat penting dalam sebuah hubungan...

    ReplyDelete
  4. Saya setuju mas ronny..kejujuran didalam suatu hubungan penting..pura2 sayang atau sebaliknya itu juga tidak baik kedepannya

    ReplyDelete
  5. kejujuran memang penting mas.. tapi ada kalanya kebohongan dalam hubungan juga penting... tapi kebohongan untuk hal positif dalam artian membangun hubungan semakin kuat... ciieeee sok tau kan saya mas hehehehe

    ReplyDelete
  6. kejujuran modal untuk bisa awet berpasangan ya :)

    ReplyDelete
  7. Kejujuran adalah kunci kesetiaan kalo mnurut saya :D
    follow back ya..

    ReplyDelete
  8. Kejujuran memang sangat penting dalam sebuah hubungan. Rasanya sakit banget kalau pasangan kita tidak jujur ...

    ReplyDelete
  9. perbedaan itu romantis heheh... tapi lebih indah kalau bersikap jujur ya bang ... kalau menurut saya sih jujur kacang ijo memang nikmat hehehehe

    ReplyDelete
  10. Pengalaman ya bang,,,, hehehehee
    Andai saja mereka sama2 mau jujur,,,,
    Masih pada gengsi ya bang,,,,dan putuslah akhirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak :D
      Bang Ronny memang lagi galau tuh..ckkckckc

      Delete
  11. kejujuran adalah hal paling penting dalam kehidupan

    ReplyDelete
  12. Wah manteb nih tapi sayangnya, hehehe ga jadi ah.

    ReplyDelete
  13. iya kalau mau hubungan nya langgeng ya harus selalu jujur ya mas kecuali kefefet hehehe :D

    ReplyDelete
  14. setuju mas ronny.. kejujuran emang penting.. kalo di awalnya aja ga jujur udah bisa di ujungnya bakal berakhir ga bener.. Salam kenal mas ronny ^^

    ReplyDelete
  15. Dalam hal apaun kejujuran adalah yang paling utama, percuma setia kalo gak jujur pasti ancur lebur :D

    ReplyDelete
  16. tanpa adanya kejujuran , suatu hubungan takan bertahan lama :)

    ReplyDelete
  17. kejujuran itu berlaku untuk siapapun dan hubungan apapun kan?

    ReplyDelete
  18. Like bang :D
    Semangaaat yaaa.. semoga cepet move on :)
    Atau ga,balikan lagi :)

    ReplyDelete
  19. Niche artikelnya Mas Ronny sangat terinsfirasi buat saya nih
    Terkadang kejujuran memang harus di terapkan dalam sebuah
    Hubungan, terima kasih yah Mas atas artikelnya salam sukses :-bd

    ReplyDelete
  20. Setuju mas kejujuran dalam sebuah hubungan itu sangat penting,hm jadi keinget saat di boongin mulut dulu...

    ReplyDelete
  21. yang penting jangan jujur kacang ijo ya mas hehe :D

    ReplyDelete
  22. kejujuran memang no 1. karena nanti saat kita berada di alam "sana" tidak bisa bohong lagi. maka jujurlah dari sekarang...hehe

    ReplyDelete
  23. Kunci dari sebuhah hubungan romantis salah satujya jurjur ya Kang, hm..... mantap tenan.

    :D

    Salam

    ReplyDelete
  24. mantap mass postngannya,,
    :D
    mampir dibog q ya mass , , ,

    ReplyDelete
  25. Bang, ana juga merasakannya. hehe sedikit tercerahkan dengan adanya tulisan ini. terimakasih

    ReplyDelete
  26. Met pagi Mas... Seperti biasa Kunjungan rutin Nich :)

    ReplyDelete
  27. tolok ukur cinta yang sejati dan suci adalah tingkat kejujuran, makin tinggi kejujurannya, makin sucilah cintanya...hmmmm....

    ReplyDelete
  28. kejujuran sangatlah penting di sebuah hubungan agar komunikasi tetap berjalan dengan lancar :D

    ReplyDelete
  29. Saya mau mengakui kalau BangRonny ganteng, tapi artikel ini mengajarkan untuk jujur. Jadi gimana dong bang? :(

    ReplyDelete
  30. ciye ini pengalaman sendiri atau gmn tuh :D

    ReplyDelete
  31. komunikasi selalu dijaga agar hubungan tetap lancar

    ReplyDelete
  32. izin coment dlu baru ngelanjutin baca :D

    ReplyDelete
  33. waduh sudah lama saya gak mampir ke blog nya bang ronny :D, sukses ya bang.

    ReplyDelete
  34. Kejujuran memang sangat penting sekali dalam hubungan bang Rony, tanpa sebuah kejujuran maka hubungan tersebut g bakalan berjalan lama bang.

    ReplyDelete
  35. Mantap Gan :D
    keep posting ^_^

    Kumpulan Cerita Dewasa

    ReplyDelete
  36. izin Nyimak Artikel gan :D
    btw Nice Posting gan :)

    Andrekocak Blog - Cerita Dewasa Terbaru

    ReplyDelete
  37. sebuah hubungan yang dilandasi atau tanpa adanya kejujuran tentu akan berdampak buruk dan relatif tidak akan bertahan lama ya mas

    ReplyDelete
  38. Kejujuran memang layak diperjuangkan. Kejujuran mencerminkan jati diri dan harga diri seseorang di mata Tuhan dan manusia

    ReplyDelete
  39. ceritanya seru nih kayaknya,, tapi sayang saya mungkin kali ini lg males mikir... tulisannya panjang banget.. blogya mantep.. ditunggu kunjungan balik di blog ane...

    ReplyDelete
  40. artikelyang sangat mendidik.. apalagi buat saya yang lagi memulai sebuah hubungan.. :)

    ReplyDelete
  41. ada yang bilang juga jujur malah ajur (hancur) nah loh ... gak asik bnaget kalo yang begitu .. hehehe

    ReplyDelete
  42. Kejujuran menjadi salah satu karakter yang dinilai dalam kurikulum 2013, ahhhh andai mas Roni guru pasti nyampe banget nih nilai kejujuran satu ini ke siswa hihi, salam kenal mas roni

    ReplyDelete
  43. Setuju gan, kejujuran yang utama

    ReplyDelete
  44. Kejujuran akan membawa pada kebaikan. Meski terkadang pahit

    ReplyDelete
  45. Mantap postnya, iya kejujuran yang paling penting tuh.. Kunjungan perdana, salam kenal ya

    ReplyDelete
  46. memang benar, bagaimana pun bentuk dari sebuah hubungan tersebut yang intinya harus saling menjaga dan selalu jujur, bagaimana pun dan kapan pun keadaannya..

    ReplyDelete
  47. nenk sihh setuju...smua hubungan harus saling jujur dan kepercayaan

    ReplyDelete
  48. terimakasih atas informasinya sangat bagus sekali

    ReplyDelete

Yang Harus Dikomentari
---Dipersilahkan Mengoreksi Tulisan Yang Salah
Ini sebagai pembelajaran buat saya
---Menambahkan Apa Yang Kurang Dalam Pembahasan BangRonny
Ini akan membuat apa yang BangRonny berikan belum sempurna
---Mengakui Kalau BangRonny Ganteng heheheheh
Ini akan membuat BangRonny lebih PeDe.
-----Selebihnya Terserah Anda-------