Tags

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dengan Komputer

20/01/2014---Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dengan Komputer: artinya bekerja sesuai prosedur, baik dalam penggunaan peralantan maupun pertimbangan keselamatan dan kesehatan pekerja. Kebiasaan kita mengabaikan K3 dalam komputer akan mengakibatkan gejala-gejala seperti kesemutan, mata pedih, sakit punggung, urat leher nyeri, pusing dan sesak napas. Nah solusinya cuman satu yaitu bekerja sesuai dengan K3.

Selamat pagi teman-teman apa kabar nih pagi ini, pasti baik-baik saja, kemaren BangRonny bagikan tentang Cara Mempercantik Mozilla Dalam 1 Menit sudah dibaca belum?? Nah pagi ini BangRonny ingin berbagai mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dengan Komputer. Mari kita belajar bersama-sama

Pengaturan Posisi Komputer.
Tujuan kita mengatur posisi komputer sesuai prosedur K3 agar tercipta keamanan dan kenayamanan dalan menggunakan komputer. berikut ini yang harus diperhatikan oleh para pengguna.

  • Posisi Meja dan Kursi Komputer.
Posisi meja dan kursi komputer berpengaruh terhadap kenyamanan saat bekerja dengan komputer.
Meja komputer yang baik dilengkapi dengan laci untuk menampatkan keyboard dan mouse, dan dilengakpi dengan sandaran kaki. Tinggi meja adalah sekitar 50-70 cm., disesuaikan dengan ukuran kursi dan tinggi badan penggunanya. Kursi yang baik yaitu kursi yang dapat mengkuti lekuk punggun, memiliki sandaran, dan tingginya dapat diatur.
  • Monitor
Penggunaan monitor yang baik akan membantu kita dalam mengurangi iritasi dan tegangna otot mata. Bebearap hal yang harus diperhatikan mengenai monitor sebagai berikut.

(1). 30-60 cm adalah jarak antara mata dengan monotor sesuai dengan K3. Tidak perlu mengambil mistar

untuk memastikan apakah ukutannya sudah pas apa belum. Cukup dengan merentangkan tangan, perhatikan kepalan jari. Pada tempat sekitar kepalan jari inilah monotor sebaiknya diletakkan. Jika perlu digeser agar teks kelihatan dengan jelas.

(2). Perlu diperhatikan ketinggian monitor tidak boleh menyebabkan kepala terlalu merunduk atau terlalu tengadah. Letakkan monitor sejajar dengan kemiringan wajah kita.  Secara umum posisi nyaman untuk kepala adalah sedikit condong ke depan. Dengan demikian, sebaiknya letakkan monitor miring ke
belakang agar sejajar dengan wajah kita.

(3). Perhatikan juga pencahayaan monitor. Jika pencahayaan monitor terlalu redup akan menyulitkan mata untuk melihat dengan jelas. Demikian pula sebaliknya.

  • Keyboard dan Mouse.
Keyboard dan mouse serta perangkat tambahan lainya harus diletakkan sedemikian rupa. Dimana posisi mouse disebalah kanan. Keyboar diletakkan dilaci, usahakan agar mouse dan keyboar diletakkan pada posisi ketinggian yang sama. agar tangan kita tidak kecapeka'an.

Pengaturan Posisi Tubuh
Selain mengoperasikan komputer sebaiknya kita dapat  senyaman mungkin dan tidak mengganggu tubuh, sebab posisi tubuh yang baik akan berguna bagi tulang punggung, otot, persendian, dan sistem peredaran darah kita.  Berikut posisi tubuh yang baik sesuai K3.

(1).  Posisi telapak kaki menepak di lantai atau disandaran yang disediakan dengan kuat dan nyaman. Sediakan ruangan yang cukup untuk kaki agar dapat bergerak leluasa dan sehabis bekerja kaki dapat diluruskan sehingga peradan darai lancar jika perlu berjalan-jalan keluar ruangan sebentar.

(2). Duduklah dengan menyandarkan punggung dikursi untuk mendapatkan kenyaman. Jika kursi dapat diatur. sesuiakan dengan tubuh kita.

(3). Alihkan pandangan anda agar otot mata tidak terlalu capek

(4). Posisikan pundak dan siku serileks mungkin agar otot-otot tidak tegang. Jangan terlalu tinggi atau rendah dalam mengangkatkan pundak. Suku letakkan diatas keyboard sehingga ada kesesuaian dengan posisi keyboard.

(5). Posisikan tangan dengan menyesuaikan posisi keyboard dan mouse sehingga dapat memperoleh kenyaman di waktu mengoperasikan keyboar dan mouse. Jangan meletakkan telapak tangan pada meja karena dapat menyebabkan tertekuknya pergelangan tangan.


Saya dari pertama menggunakan komputer tidak sesuai K3, dan akibatnya punggu saya agak bungkuk. Mata dari normal menjadi selinder, sering merasakan nyeri diurat leher, saikit kepala, mata sering lelah. oleh karena itu mualai saat ini gunakan komputer sesuai K3.

15 comments:

  1. Kalau kita tahu tips ini maka kita dapat mengethaui kekuatan dan kelemahan tubuh kita dalam bekerja dengan komputer ya Kang.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu pak Indra...
      lebih baik menjaga-jaga dulu dari pada merawat kalau sudah terkena

      Delete
  2. Tip yang lengkap singkat dan padat.

    ReplyDelete
  3. Paling vital adalah mata, hehe ya terkadang yang terlihat paling capek sih ya mata itu, tapi kalau jarak sudah diatur ya nyaman-nyaman saja hehe

    ReplyDelete
  4. tips yang bermanfaat dan sering dilupakan oleh orang yang sering kerja didepan kompi..

    barusan ane mau ambil mister untuk ngukur. hehe jadi malu tengsin

    ReplyDelete
  5. Tipsya bermanfaat sekali mas bro :D

    ReplyDelete
  6. kalau saya berhadapan sama hp mas kalau lama ya sakit kepala mata pedih..dan yang pasti bete

    ReplyDelete
  7. harus jaga mata ya mas agar mata kita tidak mudah rusak saat berinteraksi dengan komputer :)

    ReplyDelete
  8. rehat sejenak setiap 3 jam sekali dengan gerakan lain . atau jalan2 sebentar .. ini yang saya lakukan gan :) jalan2 lama kalau si bos gak ada .. hehehehe

    ReplyDelete
  9. Wah terimakasih mas ronny penjelasanya, sampai saat ini komputer saya tidak mengganggu kesehatan saya mas. Mungkin cuma monitornya saja yang kadang bikin mata jadi pedes mas.. Hehehehe

    ReplyDelete
  10. dari artikel yang agan share manjadikan saya untuk lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan komputer, salam kenal

    ReplyDelete
  11. Mantep!!
    banyak blogger yang lupa hal hal kecil untuk menjaga kesehatan selama di depan komputer. tips yang bermanfaat. semoga bisa mengingatkan kembali blogger blogger yang lupa

    ReplyDelete

Yang Harus Dikomentari
---Dipersilahkan Mengoreksi Tulisan Yang Salah
Ini sebagai pembelajaran buat saya
---Menambahkan Apa Yang Kurang Dalam Pembahasan BangRonny
Ini akan membuat apa yang BangRonny berikan belum sempurna
---Mengakui Kalau BangRonny Ganteng heheheheh
Ini akan membuat BangRonny lebih PeDe.
-----Selebihnya Terserah Anda-------