Tags

Tips And Trick Sukses Presentasi

16/01/2014---Tips And Trick Sukses Presentasi : didepan kelas. Menjadi suatu hal yang diketahui terkhusus bagi mahasiwa-mahasiswi yang sedang atau akan melakukan presentasi didepan kelas. Suskes presentasi adalah sebuah kebanggan tersendiri, ini menunjukkan kematangan anda untuk bersosialisasi tentang ilmu anda.

Sebelum kita melanjutkan saya ingin menyapa teman-teman terlebih dahulu. Selamat pagi teman-teman, apa kabar hari ini, baik pastinya. Kemaren saya membagikan tentang sebuah artikel cinta yang membanas mengenai Kekuranganmu Itulah Yang Kucintai hari ini BangRonny ingin berbagi bagaimana Tips And Trick Sukses Presentasi tetap stey di BangRonny anda akan menemukan jawabannya.
Lanjut
Dalam begitu banyak saya melakukan presentasi, atau melihat orang-orang presentasi saya menyimpulkan bahwa orang pintar belum tentu dia suskes untuk presntasi. Banyak saya temui teman-teman yang dalam mendapatkan nilai TAS tinggi gampang, tapi ketika presentasi didepan kelas, kata-kata mereka sulit untuk dipahami, apa yang terjadi dengan mereka padahal mereka pintar.

Dan banyak teman-teman yang memiliki kepintaran standart seperti saya, melakukan presentasi dengan mengantongi kata sukses.

Saya sudah banyak kali melakukan presentasi, mulai dedepan kelas, didepan dosen, didepan para pejabat daerah, lomba-lomba, dan sekarnag didepan Siswa-siswi saya, dan tidak pernah saya melihat para pendengar saya menampakkan  muka yang menandakan mereka tidak suka dengan presentasi saya.

Apa sebenarnya yang membua saya dicintai para pendengar saya, ini dia yang akan saya bagikan ke teman-teman, ini hanya otodidak saja, saya banyak belajar dari papa saya.

Persiapan Yang Matang
Segalah apapun yang akan kita lakukan, ataupun hadapi butuh yang namanya persiapan. Persiapan apa saja yang perlu kita lakukan untuk sukses presentasi.
  • Persiapkan Judul Yang Menarik, ini penting sekali untuk menjadi hal pertama yang harus dipersiapkan. Usahakan ketika membuka presentasi orang membaca dari judul saja membuat mereka bertanya-tanya, atau membuat mereka tertarik. Seperti halnya sebuah buku, banyak orang tertarik dari judulnya.
  • Pembahasan Judul Hingga Detail, Ketika sudah dapat judul misalnya presentasi berjudul Blog BangRonny Dengan Admin Yang Ganteng, barusahalah mulai dari sejarahnya, bagaimana perkembangannya, bagaimana promosinya, bagaimana liku-liku blognya, apa saja yang memungkinkan anda untuk membuat presentasi ini menarik. Usahakan pembahasan detail tapi simple. dan jangan lupa tuliskan poin-poin pentingnya di kertas
  • Persiapan Mental, ini penting sekali, jangan sampai sudah didepan kelas anda bingung mau ngomong apa karena gugup. rileks aja, percaya aja bahwa apa yang sudah kamu persiapkan adalah hal yang sangat luar biasa. 
Buatlah Tampilan Yang Menarik
Salah satu yang membuat BangRonny sukses dalam presentasi adalah BangRonny bisa membuat tampilan presentasi yang menarik. Ciri-ciri tampilan yang menarik seperti
  • Jangan terlalu banyak TEKS ini presentasi bukan membaca ARTIKEL, jadi kemas semua dalam poin-poin penting saja, untuk lebih detailnya pada penjelasannya
  • Perbanyak Gambar, usahakan gambar yang memiliki arti sesuai poin-poin penting tadi. Gambar animasi akan menambah rasa ketertarikan pendengar pada presentasi anda.
  • Manfaadkan Animasi bawaan dari Aplikasi presentasi. 
  • Contoh Presentasi yang mendapat banyak pujian dari teman-teman, dan mendapat nilah A dari dosen. kalau mau lihat silahkan di download. ini liknnya KLIK SAJA
Sikap Yang Oke Dalam Presentasi 
Sikap dalam presentasi akan membuat para pendengar untuk tidak berpaling dari anda. Kalau BangRonny presentasi ini yang BangRonny Lakukan:
  • Berbicara lantang, jelas, dan mudah dipahami, jangan sampai pendengar harus berusaha mendengarkan suara anda karena suaranya terlalu kecil, atau berusaha untuk memahami penjelasan anda terlebih dahulu
  • Jangan jadi patung saat presentasi, maksudnya jangan berdiri didepan kelas saja, usahakan seperti dosen, jalan mondar-mandir, saya biasanya sering berdiri dideretan bangku paling belakang dan berbicara lantang, sambil maju depan, kembali kebelakang lagi. Ini akan membuat teman-teman anda merasa diperhatikan semua, dan membuat mereka untuk mendengar lebih fokus lagi.
  • Jangan terlalu serius. Ya sedikit lucu-lucunya tidak apa-apa, saya presentsi banyak lucunya, tapi teman-teman memahami apa yang saya sampaikan.
Lakukan Ini
step by step presentasi yang baik yang sering saya lakukan seperti ini
  • Memberi salam kepada pendengar
  • Menyampaikan Ringkasan Judul
  • Membahas Judul-judul penting dengna pembahasan yang detail
  • Menyampaikan Salam trimakasih sudah mau mendengarkan
  • Dan memberi waktu untuk mengajukan pertanyaan.
Semua yang BangRonny sampaikan diatas tidak ada gunanya kalau teman-teman tidka memiliki sikap tenang, sikap rileks, dan sikap percaya diri.

Rileks aja, miliki sikap seperti pembicara profesional.

Sekian dari BangRonny
Trimakasih

32 comments:

  1. Mental dan penguasaan materi dalam arti pemahaman dari sudut pandang pribadi juga bisa ko mas untuk menjadi salah satu tips sukses presentasi. kalau hanya pintar tanpa menguasai dengan pemahaman yang sama juga bohong. he,, he,, he,,,

    Salam,

    ReplyDelete
  2. orang pintar belum tentu bisa menjamin bisa presentasi di depan orang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, pintar saja tidak menjamin bisa sukses melakukan presentasi di depan banyak orang...

      Delete
    2. ya mas intan
      karena mereka lebih mudah bersosialisasi terhadap diri mereka sendiri dari pada orang lain

      Delete
    3. karena terlalu pintar jdi ngk bisa bersosialisasi sama orang lain mungkin mas bro

      Delete
  3. yaa bang saya masih otw untuk menjadi sukses presentasinya :D

    ReplyDelete
  4. waktu kuliah dulu yg paling membosankan adalah tugas presentasi ini mas,, langsung gemeteran kalau di suruh maju :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha
      karena ngk biasa kalau bicara didepan umum mungkin ya mbk

      Delete
  5. Wah terimakasg tips nya mas.. Sangat bermanfaat nih buat yang membutuhkan.. Mungkin mental sangat penting untuk menghadapi orang banyak ya mas. Dan menguasai materi untuk jaga-jaga bila ada yang bertanya hehehe

    ReplyDelete
  6. Pembahasan judul "dengan admin yang ganteng" dan itu diakui pasti sangat bangga banget ya mas dan ini prestasi luar biasa

    ReplyDelete
  7. Terimakasi bang ronny yang unyu-unyu hehehe..
    karena sudah memasang link saya di blog abang, sekarang giliran saya memasang link abang, tapi saya tidak menemukan banner link abang,,ada dimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ada dihatimu sepertinya mbk heheheh

      unyu2 padahal sudah berumur heheh

      Delete
  8. kalau tidak terbiasa grogi banget hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mas apa lagi kalau pertama-tama kali...aduh rsanya itu lohh

      Delete
  9. yang terpenting memang mental...
    seepp maksih bang Ronny infox ....:)

    ReplyDelete
  10. Jangankan presentasi mas disuruh nyanyi aja dulu waktu SD saya gemeteran, akhirnya saya nyanyinya sambil nunduk padahal suara saya merdu banget Lho, saking merdunya tanpa sadar ketika saya melihat ke depan kelas, itu bangku kelas dah pada kosong semua...hebat kan wkwkwk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah merdu bangat ya mas brooo
      pengen dengar dong mas broo
      soalnya banyak nyamuk dikamar saya
      mungkin bsia jdi solusi hehehe

      Delete
  11. Dulu kalo mau presentasi gemeteran sampai pingin kencing mulu, tap seiring waktu dan belajar jadi santai aja kalo mau tampil :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar intinya mas brooo
      semakin sering kita belajar dan prakttekin apa yang kita alami dulu tidak akan dirasakan lagi

      Delete
  12. trims tipsnya mengenai presentasi..
    tapi kalau aku memang tidak ada bakat di semua ini..
    mental nol

    ReplyDelete
  13. Kasih gambar cewek bohay, pasti dijamin audience tertarik ... hehehe

    ReplyDelete
  14. harus percaya diri dan menguasai materi ya mas biar presentasi bisa sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbk Ririn
      supaya percaya dri kuasai materi terlebih dahulu

      Delete
  15. Sangat bermanfaat bang tips presentasinya. Bener2 lagi butuh ni ane!

    ReplyDelete
  16. bagaimana caranya supaya suara kita keras atau bisa terdengar sampai belkang? soalnya aku punya masalah disitu..

    ReplyDelete

Yang Harus Dikomentari
---Dipersilahkan Mengoreksi Tulisan Yang Salah
Ini sebagai pembelajaran buat saya
---Menambahkan Apa Yang Kurang Dalam Pembahasan BangRonny
Ini akan membuat apa yang BangRonny berikan belum sempurna
---Mengakui Kalau BangRonny Ganteng heheheheh
Ini akan membuat BangRonny lebih PeDe.
-----Selebihnya Terserah Anda-------